Aneka Resep Masakan Rumahan dan Resep Kue Kekinian

Berbagi Aneka Resep Masakan Rumahan dan Resep Kue Kekinian

Resep Gulai Daun Singkong Kaya Nutrisi

Bagi Resep - Siapa yang tidak kenal dengan gulai ? Pasti anda suda sering menemui bahkan mengkonsumsi masakan ini. Gulai adalah jenis  makanan berbahan baku daging ayam, sapi, ikan, dan kambing. Ada juga gulai dari sayuran seperti daun singkong. Ciri khas dari masakan gulai adalah bumbu kuah yang dimasak dengan berbagai macam rempah-rempah dan mempunyai warna kuah kuning atau masyarakat luar menyebutnya kari Indonesia. Pada artikel ini kita akan membahas tentang masakan Gulai Daun Singkong sebagai berikut :



1. Bahan yang digunakan dalam pembuatan gulai adalah daun singkong muda 500 gram, santan kelapa, bahan bumbu yang perlu ditambahkan meliputi bawang merah sebanyak 5 siung, bawah putih 3 siung, 1 kepal kunyit  sebagai pewarna kuning alami, garam, cabai merah 5 buah, cabai rawit 5 buah dan bahan penyedap lain. Anda bisa menyesuaikan rasa pedas sesuai selera anda. Jika anda suka, bisa menambahkan ikan teri 

2. Cara membuat gulai , pertama yang harus anda lakukan yaitu memotong daun singkong menjadi beberapa bagian. Kemudian merebusnya sampai sedikit layu, jangan sampai layu karena masih harus direbus lagi dengan bumbu karinya. Tahap selanjutnya, menggoreng ikan teri yang sudah dibersihkan. Menggoreng ikan teri juga harus setengah matang. Sambil menunggu, anda bisa menghaluskan  bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, cabai dan lain-lain. Setelah itu campurkan semua bahan ke dalam panci secara bergantian, bumbu-bumbu yang dihaluskan terlebih dahulu, kemudian disusul dengan santan dan ikan teri.  Rebus hingga mendidih dan terakhir masukkan daun singkong yang dimasak sedikit layu tadi sampai matang sepenuhnya. 

3. Kandungan Nutrisi : daun singkong sendiri mengandung beberapa kandungan nutrisi seperti vitamin C, vitamin B kompleks, zatbesi, kalium, kalsium, valin dan triptofan. Ikan teri mengandung protein, lemak, fosfor, vitamin A dan vitamin B1. Kedua kandungan  tersebut dapat membantu metobolisme tubuh, pembentukan tulang, dan menangkal radikal bebas serta masih banyak lagi.

Itulah beberapa informasi tentang artikel Resep Gulai Daun Singkong Kaya Nutrisi, anda bisa memvariasi bahan baku daun singkong dengan daun-daun yang lain yang layak untuk dikonsumsi. 


Author Profile

About formnulis

Bagiresep.com adalah situs yang suka membagikan aneka resep makanan rumahan dan juga kue kekinian yang bisa kamu coba sendiri dirumah.

0 Komentar

Posting Komentar