Aneka Resep Masakan Rumahan dan Resep Kue Kekinian

Berbagi Aneka Resep Masakan Rumahan dan Resep Kue Kekinian

Cara Membuat Resep Kue Apem Kukus yang Hangat dan Lezat


Bagi Resep - Kue apem adalah salah satu kue yang digemari di Indonesia, kue ini memiliki tekstur yang lembut, tebal dan manis. Rasa yang sulit dilupakan menjadikan kue ini salah satu panganan favorit yang biasanya disediakan ketika pagi hari ataupun saat ada perkumpulan-perkumpulan teman atau keluarga.
Selain ada pada saat momen perkumpulan kue ini juga biasanya banyak ditemukan di pasar. Namun jika Anda ingin membuat sendiri agar lebih puas maka anda pun bisa membuatnya dengan resep  kue apem kukus yang legit dan hangat di bawah ini.

Bahan-bahan yang diperlukan 
·         200 gr tepung beras
·         40 gram tepung terigu atau 4 sendok makan
·         200 gram gula pasir bisa juga dengan 200 gram gula merah sesuai dengan selera
·         250 ml santan yang tidak terlalu kental
·         150 gr tape singkong
·         1 sendok makan atau teh ragi instan bisa juga dengan Fermipan
·         1 sendok baking powder
·         pewarna makanan alami, minyak goreng dan garam secukupnya
·         ¼ kelapa muda secukupnya untuk taburan atau toping kue apem
Cara membuatnya
Pertama-tama yang perlu dilakukan adalah melarutkan gula ke dalam air santan serta menambahkan garam secukupnya, rebus sampai dengan hangat tidak perlu dengan api yang besar dan tidak perlu sampai dengan mendidih. Setelah dirasa cukup hangat dan gula/garam larut seutuhnya maka dinginkan.
Kemudian campurkan bahan utama adonana kue apem seperti tepung beras, ragi instan, dan tepung terigu. Setelah itu haluskan tape singkong kemudian masukkan ke dalam air santan yang sudah di rebus dengan gula dan telah didinginkan, saring air agar benar-benar tidak ada bekas tape yang masih tertinggal.
Resep Kue Apem Kukus Lezat

Kemudian tuangkan air santan air ke dalam adonan aduk hingga rata, jangan sampai ada yang bergumpal setelah itu tambahkan ragi atau fermipan sebagai sentuhan akhir kemudian aduk hingga rata. Kemudian tutup adonan dengan kain yang sudah bersih diamkan kurang lebih 30 sampai 1 jam untuk proses pengembangan yang sempurna.
Setelah proses pengembangan berakhir maka kemudian masuk ke dalam proses pemberian warna sesuai dengan selera, bagi adonan sesuai dengan jumlah warna yang akan dibuat. Kemudian setelah adonan sama besar dan telah diberi warna sesuai selera, olesi cup cetakan apem dengan minyak goreng secukupnya.
Lalu Kemudian tuang adonan kira-kira jangan sampai penuh 3/4 dari cup. Kemudian siapkan panci yang bersih, bagian atas panci jangan lupa untuk dialasi dengan kain yang bersih untuk menyempurnakan proses pengukusan kue apem hingga mengembang dengan baik.
Untuk memastikan bahwa kue apem sudah matang dan mengembang dengan baik bisa ditusuk dengan garpu ataupun alat lainnya ke bagian dalam kue apem kukus. Jika cukup matang atau tidak ada adonan yang lembek maka kue apem sudah matang, angkat dan diamkan kue hingga dingin, setelah dingin tambahkan topping yaitu parutan kelapa muda dan daun pandan.
Kelapa muda yang akan ditambahkan dengan toping harus di parut terlebih dahulu kemudian dikukus selama kurang lebih 10 menit untuk membuat kelapa mudanya matang, setelah parutan kelapa muda siap kemudian taburkan diatas kue apem tadi beserta dengan daun pandan untuk menghias kue. Itulah tips untuk membuat kue apem yang lezat Selamat mencoba dan selamat menikmati.

Author Profile

About Bagi Resep

Bagiresep.com adalah situs yang suka membagikan aneka resep makanan rumahan dan juga kue kekinian yang bisa kamu coba sendiri dirumah.

0 Komentar

Posting Komentar